Mitos Seputar Perawatan Bayi dan Batita

4:27 PM Posted by Dr. Irwan

1. Memakaikan bayi sepatu membantunya belajar lebih cepat.

Mitos yang salah. Justru sebaliknya. Membiarkan kaki bayi bergerak leluasa tanpa sepatu justru membantu otot kakinya lebih kuat dan sehingga membantu dia belajar berjalan lebi cepat. Penggunaan sepatu pada bayi yang berusia kurang dari 1 tahun dapat berdampat buruk yakni menghambat peertumbuhan tulang-tulang kaki. Sepatu diperlukan bila bayi sudah dapat berjalan.

2. Baby walker dapat membantu bayi berjalan lebih cepat

Mitos yang menyesatkan. Bayi yang banyak menghabiskan waktu aktifnya di dalam baby walker hanya akan belajar duduk, bergerak ke sana-kemari tanpa tegak, dan akhirnya kemampuannya berjalan menjadi lebih lambat dibandingkan bayi yang tidak memakai baby walker. Selama bayi duduk di baby walker yang memiliki bentuk menyamping dengan ruang kaki yang sempit justru membatasi ruang gerak dan visualisasinya sehubungan perkembangan koordinasi otot tubuhnya. (Info lebih lengkap baca “Baby Walker”).

3. Pemakaian gurita membentuk perut bayi bagus

Mitos yang keliru. Gurita yang secara tradisional dipakai luas di tanah air , tidak dianjurkan untuk dipakaikan kepada bayi, baik sebelum maupun setelah puntung tali pusat puput. Baca selengkapnya di “Gurita……perlu gak sih?”.

4. Anak yang sedang menderita demam karena sakit, tidak boleh mandi

Dalam masyarakat kita ada kepercayaan bahwa anak yang sakit campak tidak boleh kena air (dan angin). Hal ini keliru. Memang selama anak demam sebaiknya tidak dimandikan, namun tetap harus dibersihkan dengan waslap basah dan sabun. Bila berhari-hari kulitnya tidak dibersihkan , ia akan terancam oleh infeksi kulit.

0 comments:

Post a Comment