Beberapa masalah pada imunisasi

2:45 AM Posted by Dr. Irwan

Imunisasi merupakan upaya kesehatan untuk mencegah pelbagai penyakit infeksi yang berbahaya dengan cara yang aman, efektif dan relatif murah. Pada tingkat keluarga, vaksin yang mahal pun akan menjadi relatif murah bila dibandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan bila anak terkena penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin tersebut (ditambanh dengan resiko penyakit tersebut dapat mengancam jiwa).

Program imunisasi memerlukan pengertian yang baik dari pihak orang tua, dan kerjasama dengan petugas kesehatan. Keadaan yang ideal adalah apabila setiap orangtua memahami bahwa imunisasi bukan sebuah kewajiban atau keharusan namun merupakan hak mutlak setiap anak dan kebutuhan bagi keluarga demi kesehatan bayi dan anaknya. Dengan demikian maka orangtua tidak harus selalu dipesan atau diminta datang untuk pemberian imunisasi anaknya, namun akan datang meskipun tanpa diminta. Orangtua juga dapat merencanakan dengan dokter jadwal imunisasi yang sesuai dengan keadaan keluarganya, misalnya banyak orangtua yang keduanya bekerja lebih suka bila imunisasi anaknya dilakukan pada akhir minggu.

Masih ada orangtua yang tidak mau membawa anaknya untuk imunisasi, dan bila ditanya biasanya mereka tidak dapat menyebutkan alasannya dengan jelas. Sebagian menolak pemberian imunisasi campak, antara lain atas saran nenek atau kakek, yang berpendapat bahwa anak lebih baik terkena penyakit camapk, karena bila tidak maka penyakit campak itu ‘akan masuk’ atau menjadi penyakit paru. Ini adalah pendapat yang keliru.

0 comments:

Post a Comment