Sepsis

2:51 AM Posted by Dr. Irwan

Sepsis adalah infeksi umum akibat beredarnya kuman penyakit dalam darah yang biasanya disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini dapat mengenai semua umur, namun paling sering mengenai bayi, karena daya tahan tubuh bayi terhadap infeksi masih sangat kurang. Sepsis biasanya didahului oleh infeksi di tempat lain, misalnya infeksi usus (dengan gejala utama diare), infeksi paru (dengan gejala demam, sesak napas), atau infeksi di puntung tali pusat.

Pada bayi, infeksi yang berat sering tidak disertai dengan demam, karena sistem pertahanan tubuh yang belum sempurna. Namun, ada beberapa gejala yang sering muncul dan patut anda waspadai pada bayi dan anak-anak yaitu :

  • Nafsu makan jadi sangat berkurang
  • Apabila semula ia menangis keras, tangisannya mungkin menjadi lemah,
  • Ia tidak mau atau hanya sedikit saja minum
  • Tampak lemah
  • Demam ( 100.4° Fahrenheit atau 38° Celsius)
  • Sulit bernafas atau bernafas tersengal-sengal

Pada banyak kejadian, sepsis yang menyerang bayi baru lahir diperoleh sejak masih dalam kandungan ibunya atau saat kelahiran melalui perdarahan; demam ibunya; infeksi pada plasenta atau rahim ; cairan ketuban ; atau proses melahirkan yang sulit.
Karena kuman berada dalam peredaran darah maka sepsis dapat menyebabkan infeksi di tempat lain, misalnya radang selaput otak (meningitis) yang sangat berbahaya. Oleh karena itu, bayi yang diduga menderita sepsis harus segera dirawat inap untuk pemeriksaan dan pengobatan yang sesuai.

0 comments:

Post a Comment