Aduh…, anakku kena demam berdarah !

3:14 AM Posted by Dr. Irwan

Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang anak-anak, apa lagi jika memasuki musim hujan. “Bukan demam berdarah kan, Dok?” pertanyaan orangtua jika membawa anaknya yang demam ke rumah sakit. Padahal mungkin orangtua hanya mempunyai sedikit pengetahuan tentang demam berdarah, yang mereka tahu demam berdarah dapat menyebabkan mereka kehilangan anaknya.

Sebenarnya apa sih penyakit demam berdarah itu ?

Demam berdarah adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dengue yang biasanya masuk kedalam tubuh melalui gigitan nyamuk aedes aegepty.

Gejala demam berdarah
  • Demam 2-7 tinggi dan terus menerus (dengan obat demam hanya turun sebentar)
  • Nyeri perut, kadang disertai mual dan muntah
  • Tanda perdarahan, dari hidung (mimisan), mulut (gusi berdarah), petechie (bercak merah dibawah kulit yang tidak hilang jika kulit diregangkan), BAB warna hitam, muntah darah, dan lain-lain
  • Presyok, ditandai dengan nadi yang cepat dan halus, ujung tangan dan kaki dingin, jika diukur tensi jarak antara batas atas (sistole) dan batas bawah (diastole) kurang dari 20 mmHg (misal 80/65, jaraknya ‘tekanan nadi” hanya 15 mmHg).
  • Syok merupakan keadaan paling berat dari demam berdarah, yaitu darah yang ada di dalam tubuh tidak dapat beredar dengan baik untuk memenuhi kebutuhan jaringan, sehingga dapat menyebabkan kematian jaringan (bayangkan jika terkena jaringan otak, jantung, atau ginjal).

Apa yang akan dilakukan pada anak saya jika saya dirawat ?
  • Jika anak anda dirawat jangan berharap untuk diberi obat, kalau pun ada hanya obat penurun panas dan vitamin. Bahkan jika kondisi anak anda baik dan hasil periksa darah baik munkin anak anada hanya disuruh minum banyak (6-7 cc/kgBB/jam).
  • Jika anak anda berada pada fase banyak perdarahan, presyok atau syok barulah ada tindakan intervensi dengan pemberian cairan melalui infus bahkan dapat dengan pemberian transfusi darah.
  • Hal yang paling sering dikeluhkan orang tua adalah pemeriksaan darah serial, tiap 4 jam, 6 jan, 8 jam, 12 jam, tergantung kebutuhan. Penyakit demam berdarah adalah penyakit yang sangat sulit diramalkan, sekarang baik, belum tentu 1 atau 2 jam lagi baik. Bahkan profesor yang paling pintar sekali pun tak dapat meramalkan tentang perjalanan penyakit demam berdarah, jika tidak melakukan pemeriksaan darah serial.

Yang perlu anda ketahu tentang demam berdarah ?
  • Dapat sembuh sendiri (self liminiting disese) setelah 7 hari. Virus dengue sudah punya perjajian hanya meyerang selama 7 hari.
  • Pada fase penyembuhan timbul rash kovalesens, yaitu kulit tampak berwarna kemerahan, ini merupakan fase penyembuhan.
  • Pola demam berdarah seperti pelana kuda, hari 1-3 demam tinggi, 4-6 demam turun, dan 7 suhu badan naik kembal

0 comments:

Post a Comment