Selulitis

2:46 AM Posted by Dr. Irwan

Apa sich selulitis?

Selulitis merupakan salah satu penyakit infeksi kulit dan berada di bawah jaringan kulit. Selulitis sering muncul pada daerah kulit yang luka dan pecah-pecah. Biasanya diawali dengan eksim, jerawat, cacar, gigitan binatang berupa goresan atau parutan, dimana bakteri dapat masuk dan menyebar sehingga mengakibatkan timbulnya inflamasi, rasa sakit, luka berair, sensasi hangat dan kemerahan.

Gejala diawali dengan luka kecil, rasa sakit di daerah tersebut, berair, hangat dan kemerahan pada kulit anak. Kemudian bila bakteri di dalamnya menyebar, anak mulai merasa kesakitan dan demam, bahkan terkadang sampai berkeringat. Kelenjar ludahnya tampak menonjol ke permukaan kulit. Tapi, selulitis tidak menular.

Pencegahan

Melindungi si kecil dari semua bentuk luka sangat tidak mungkin. Terlebih bila si kecil aktif bergerak. Maka yang dapat anda lakukan adalah lindungi anak saat beraktivitas dengan aksesori pengaman, seperti pelindung siku dan lutut saat bermain ice skating, helm saat bersepeda, celana panjang dan baju panjang saat hiking, atau alas kaki saat bermain di luar rumah.

Kalaupun anak mengalami luka, segera bersihkan lukanya dengan air hangat dan sabun. Kemudian berikan antibiotik dan tutup lukanya. Kemudian segera bawa anak ke dokter bila ia mengalami luka yang lebar dan dalam atau digigit hewan.

Pengobatan

Saat yang tepat bertemu dokter bila kulit anak yang terluka menjadi merah, hangat dan sakit-disertai demam atau tidak. Terutama bila anak menderita diabetes atau penurunan kekebalan tubuh. Selanjutnya dokter akan melakukan beberapa tes dan pemeriksaan darah dan selanjutnya diobati secara tepat.

0 comments:

Post a Comment