Cacar Air

3:18 AM Posted by Dr. Irwan

Dalam bahasa dokter cacar air disebut varisela. Penyakit ini banyak dijumpai di mana-mana, namun dengan adanya imunisasi penyakit ini mulai berkurang. Cacar air disebabkan oleh virus varisela-zoster, dan merupakan salah satu penyakit yang paling menular. Pada kebanyakan kasus penyakit ini hanya berlangsung ringan, namun dapat terjadi komplikasi yang serius yakni terjadi peradangan pada hati, paru, bahkan selaput otak. Bila ruam kulit digaruk dapat terjadi infeksi kulit yang dapat tetap bersifat lokal namun dapat pula menjalar ke tempat lain.

Cacar air dapat mengenai semua umur, namun biasanya bersifat ringan pada bayi dan anak, dan lebih hebat gejalanya pada remaja dan orang dewasa. Bayi kurang dari 1 tahun yang ibunya pernah menderita cacar air sebelumnya biasanya kebal terhadap penyakit ini, karena ia memperoleh kekebalan yang dimiliki ibu melalui plasenta (ari-ari). Bila terkena hanya amat ringan. Bila ibu tidak pernah menderita cacar air sebelumnya, maka bayi di bawah usia 1 tahun dapat menderita cacar air yang berat.

Penyakit ini biasanya dimulai dengan gejala yang tidak khas berupa demam, sakit kepala, nyeri otot, lesu dan keesokan hari atau 2 hari berikutnya muncul ruam kulit berupa bintil-bintil kecil berisi air.

Pada anak yang tidak diimunisasi, ratusan bintil kecil berisi air dapat timbul, dimulai dari kulit wajah aau badan, kemudian menyebar. Dalam waktu 1 sampai 2 hari cairan berubah menjadi keruh, kemudian kering dan mengelupas. Bintil dapat muncul di selaput lendir atau vagina pada anak perempuan. Pada anak yang telah diimunisasi, mungkin masih dapat cacar tapi ringan dan cepat sembuh. Pemberian imunisasi efektif untuk mencegah penyakit ini. Imunisasi cukup diberikan 1 kali dan tidak perlu diulang. Anak yang terkena cacar air akan memperoleh kekebalan seumur hidup, hanya sebagian kecil dapat terjangkit kembali. Bila tidak terjadi komplikasi, biasanya penyakit sembuh dan anak dapat kembali masuk sekolah 7 hari setelah munculnya bintil-bintil. Bekas bintil dapat trlihat sampai beberapa minggu, kecuali bila digaruk maka akan lebih lama. Agar tidak tertular, hindari kontak (langsung, percikan ludah, lewat udara) dengan penderita.

0 comments:

Post a Comment