Kebutuhan DHA pada bayi

4:12 AM Posted by Dr. Irwan

Tumbuh kembang otak sejak kehamilan 6 bulan hingga anak berumur 2 tahun sedang pesat-pesatnya. Sampai umur 1 tahun, 60% energi dari makanan bayi digunakan untuk pertumbuhan otak. Karenanya bayi membutuhkan banyak protein, karbohidrat, dan lemak, juga vitamin B1, B6, asam folat, yodium, zat besi, seng, termasuk di dalamnya DHA.

DHA merupakan zat penting yang sangat dibutuhkan sebagai komponen utama pembentuk otak dan retina mata manusia serta sangat dibutuhkan dalam proses metabolisme sel-sel saraf otak. Meski sel-sel otak sudah terbentuk sejak dalam kandungan dan akan terus bertambah jumlahnya hingga usia 2 tahun, belum ada hubungan antar sel-sel tersebut. Hubungan antar sel inilah yang membentuk rangkaian fungsi. Sementara kualitas dan kompleksitas rangkaian hubungan antar sel otak ditentukan oleh stimulasi dari lingkungan nutrisi. Oleh karena itu orang tua harus benar-benar memberikan yanng terbaik buat bayinya.

Selama si ibu bisa memberikan ASI yang cukup kepada bayinya, maka tak perlu khawatir akan kekurangan atau kelebihan zat tersebut. Karena takaran yang terkandung dalam ASI sudah benar-benar pas sesuai kebutuhan bayi. Namun, bila memang sangat terpaksa bayi tidak bisa mendapatkan ASI, maka susu formula yang tersedia sudah diformulasikan untuk mencukupi kebutuhan tersebut.

0 comments:

Post a Comment