Kawasaki

2:49 AM Posted by Dr. Irwan

Apa sich penyakit kawasaki?

Penyakit kawasaki meliputi kulit, mulut, dan limfa. Paling sering menyerang anak usia di bawah 5 tahun. Penyebab penyakit ini belum diketahui, tapi, gejalanya dapat dikenali sejak dini dan dengan pengobatan tepat penyakit ini akan hilang dalam beberapa hari. Bila tidak diobati, penyakit ini dapat mengakibatkan komplikasi jantung yang serius. Penyakit ini paling umum mengenai anak-anak dari etnis Jepang dan Korea, meski tidak menutup kemungkinan mengenai etnis lain.

Apa saja gejala yang terlihat ?

Penyakit kawasaki tidak bisa dicegah, tapi biasanya gejala terlihat dan terbagi dalam dua fase. Fase pertama, berlangsung sekitar 2 minggu, biasanya ditandai dengan demam lebih dari 104° Fahrenheit (39° Celsius) yang dapat berlangsung sedikitnya 5 hari dan diikuti gejala :

  • kemerahan pada kedua mata
  • muncul ruam di daerah perut, dada dan kelamin
  • bibi merah, kering, dan pecah-pecah
  • lidah bagian dalam tampak merah dan ada putih-putih
  • tenggorokan sakit
  • jari tangan dan kaki berair, merah dan mengelupas
  • telapak tangan dan telapak kaki berwarna merah keunguan

Nah, pada fase kedua, biasanya dimulai setelah 2 minggu sejak awal demam, dimana kulit tangan dan kaki mulai mengelupas lebar. Biasanya anak mulai mengeluh sakit pada persendian, diare, dan muntah, atau sakit pada daerah perut.

Komplikasi

Bila tidak segera diobati, anak bisa mengalami vaskulitis, yaitu pembuluh darah mengalami iritasi yang membahayakan arteri jantung yang kita ketahui berperan penting dalam menyuplai darah ke jantung.

Pengobatan

Biasanya anak akan diberi suntikan intravena gamma globulin (antibodi murni), guna membantu darah melawan infeksi yang terjadi. Obat ini lumayan mahal. Anak juga mungkin akan diberikan aspirin dosis tinggi untuk mengurangi resiko masalah jantung.

0 comments:

Post a Comment