Bus Masuk Jurang di Sumbar

9:27 AM Posted by Dr. Irwan

Padang - Bus PO Yanti yang masuk jurang di kawasan Lembah Anai, Sumatera Barat (Sumbar) sehingga menyebabkan 12 orang tewas diduga akibat rem blong. Bus naas jurusan Padang-Batu Sangkar itu masuk jurang setelah meluncur mundur di pendakian Silaing, menabrak pembatas jalan dan masuk jurang dengan kedalaman sekitar 20 meter.

Demikian disampaikan Kabid Humas Polda Sumbar AKBP Kawedar, kepada detikcom melalui telepon, Minggu (31/5/2009). Menurutnya, sopir yang membawa 36 penumpang tersebut diperkirakan panik dan gugup setelah mengetahui bus yang dikemudikannya blong rem, sehingga hilang kendali.

“Diketahui bus tersebut bernopol BA 2834 E. Sejauh ini polisi masih menyelidiki lebih jauh penyebab terjadinya kecelakaan. Data terakhir yang kita terima, akibat kejadian tersebut 12 orang tewas dan 24 lainnya luka-luka. Korban luka sejauh ini dirawat di RS Yarsi dan RSUD Padang Panjang,” tuturnya.

Lebih lanjut Kawedar mengatakan, hingga pukul 19.00 WIB pihak kepolisian belum dapat memastikan apakah sopir yang membawa bus tersebut termasuk korban tewas atau luka karena masih diidentifikasi.

"Kawasan Lembah Anai merupakan salah satu jalur rawan kecelakaan di Sumbar. Ke depan uji kelayakan bagi kendaraan harus diperketat agar kejadian ini tidak terulang. Selain itu, kita menilai ruas jalan di lokasi kecelakaan harus diperlebar dan ditambah rambu-rambu lalu lintas,” tukasnya.(Yonda Sisko - detikNews)

0 comments:

Post a Comment