Disibukkan oleh indexing hanging di ubuntu Jaunty Jakapole

2:31 PM Posted by Dr. Irwan

Dua bulan setelah saya upgrade ubuntu dari Intrepid Ibex jadi Jaunty Jakapole selalu timbul aplet pesan kesalahan yang sangat mengesalkan dan tidak bisa dihilangkan. Pesan kesalahan popped up:

Tracker
There was an error while performing indexing:
Index corrupted


Ada tiga tombol pada pesan kesalahan: Reindex all, Cancel, lalu OK. Jika saya klik Cancel atau OK pesan kesalahan hanya kotak pops back up lagi. Jika saya klik pada Reindex saya mendapatkan semua isi kotak pesan lain yang menyatakan:

Reindex your system?
Indexing can take a long time. Are you sure you want to re-index?


Kotak dialog ini memiliki dua tombol, Tidak dan Ya. Jika saya klik pada kotak dialog Tidak hilang, tapi tetap kotak dialog lainnya pada layar.Jika saya klik Yes pada dialog box yang kedua hilang meninggalkan pertama kotak dialog di layar, namun tidak ada sama sekali yang terjadi.

Saya dapat boot ke modus pemulihan, tetapi saya memerlukan perintah baris pilihan untuk menonaktifkan Tracker. I'll indeks nanti.

Setelah surfing di ubuntu forum saya menemukan solusinya. He..he..he.. ternyata hanya dengan 2 baris perintah di terminal masalah akan selesai. Saya hanya memasukkan perintah perintah dibawah ini:
$sudo apt-get install tracker-utils
$tracker-processes -r


Kemudian di terminal muncul ini :
irwan@irwan-desktop:~$ sudo apt-get install tracker-utils
[sudo] password for irwan:
Reading package lists... Done
Building dependency tree
Reading state information... Done
tracker-utils is already the newest version.
tracker-utils set to manually installed.
0 upgraded, 0 newly installed, 0 to remove and 0 not upgraded.
irwan@irwan-desktop:~$ tracker-processes -r
Found 158 pids...
Found process ID 3273 for 'tracker-applet'
Killed process 3273
Found process ID 3406 for 'tracker-indexer'
Killed process 3406
Found process ID 4805 for 'trackerd'
Killed process 4805
Setting database locations
Checking database directories exist
Checking database version
Checking database files exist
Removing all database files
Removing database:'/home/irwan/.local/share/tracker/data/common.db'
Removing database:'/tmp/tracker-irwan/cache.db'
Removing database:'/home/irwan/.cache/tracker/file-meta.db'
Removing database:'/home/irwan/.cache/tracker/file-fulltext.db'
Removing database:'/home/irwan/.cache/tracker/file-contents.db'
Removing database:'/home/irwan/.cache/tracker/email-meta.db'
Removing database:'/home/irwan/.cache/tracker/email-fulltext.db'
Removing database:'/home/irwan/.cache/tracker/email-contents.db'
Setting index database locations
Checking index directories exist
Checking index files exist
Removing all database index files
Removing database index:'/home/irwan/.cache/tracker/file-index.db'
Removing database index:'/home/irwan/.cache/tracker/email-index.db'
irwan@irwan-desktop:~$

Simsalabim kurang dari 20 detik masalah terpecahkan.

I love ubuntu. Memang bener-bener "Linux for human being"

0 comments:

Post a Comment